Categories
Article

Refleksi Perempuan Muslim dalam NasidaRia

Buatku, Nasida Ria mengekspresikan nilai dan pandangan menarik tentang perempuan. Juga sekaligus mematahkan anggapan sinistik tentang relasi tidak harmonis antara perempuan, islam dan budaya Jawa—tempat Nasida Ria lahir. Kedua ideologinya dianggap patriarkis—Islam dan budaya Jawa—yang sering dianggap “mengukung & mengekang” kebebasan perempuan untuk berkarya, berkarier dan menggugat.

Lagunya banyak bercerita tentang fenomena sosial dan kalau ditelisik, lagu-lagu ini diciptakan tahun 80-an. Menarik ya? Kirain perempuan cuma bisa ngobrol tentang susu bayi, diskon dan kosmetik.

LAGU QASIDAH WAJAH AYU UNTUK SIAPA (KAMPRET) by NASIDA RIA - YouTube

Coba deh tengok lagu Wajah Ayu untuk Siapa. Jaman dulu (dan mungkin masih hingga kini) perempuan dianggap tabu untuk membicarakan perihal ketubuhan. Perempuan juga kerap kali diposisikan untuk tidak boleh bertanya.

Lalu ada lagu Tahun 2000 yang bicara tentang modernisasi dan bagaimana itu berdampak pada krisis sosial-ekologis. Bisa dibayangkan, bagaimana seorang KH Bukhori Masruri di tahun 80an menuliskan dan membayangkan kemajuan yang bersanding bersama segala distopia dalam sebuah perkembangan jaman.

Atau lagu Bom Nuklir dan Perdamaian yang melacak sisi kelam politik dengan bahasa persuasif tanpa pretensi menggurui khas Nasida Ria. Ternyata, Kyai ada juga kan yang ngga kurang baca dan kurang piknik sampai bisa menulis lagu demikian 🙂

Ada juga lagu Kota Santri, yang liriknya bicara soal kesetaraan pendidikan, “Duhai Ayah Ibu, Berikanlah izin daku, untuk menuntut ilmu.” Menurutku ini juga sangat futuristik-progresif untuk seorang perempuan di tahun 80-an bisa bertutur tentang akses pendidikan dan daya juangnya untuk mencapai.

Kalau ditelusuri makin dalam, kamu akan temukan banyak lagu yang menarik. Cukup didengarkan sekali, lagu-lagu ini akan menempel dan kamu dibuat bergumam oleh nada dan liriknya yang dalam tapi tetap jenaka. 

Selamat Hari Perempuan Internasional dan Hari Musik Nasional. Mari merayakan harmoni dan kesetaraan dalam penuh kesadaran!

Fir // 2020

Featured image source: here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s